Inilah 10 Pimpinan MPR RI Periode 2019 - 2024

Kamis, 03 Okt 2019 - 15:39

Fraksi-fraksi dan Kelompok DPD di MPR RI telah mengajukan nama-nama yang menjadi pimpinan MPR. Setiap fraksi dan kelompok mengajukan satu nama untuk Pimpinan MPR dalam Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Ruang KK V, Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Ragab diketuai Pimpinan Sementara MPR H. Abdul Wahab Dalimunthe (Partai Demokrat) didampingi Hillary Brigitta Lasut (Partai Nasdem).

Inilah 10 pimpinan MPR RI periode 2019 – 2024, yaitu Dr. Ahmad Basarah MH (dari Fraksi PDI Perjuangan), H. Bambang Soesatyo SE, MBA (Fraksi Partai Golkar), H. Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), H. Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Dr. H. Syarif Hasan, SE (Fraksi Partai Demokrat), Dr. Hidayat Nur Wahid, MA (Fraksi PKS), Dr (HC) Zulkifli Hasan SE, MM (Fraksi PAN), H. Arsul Sani, SH, MSi (Fraksi PPP), dan Ir Fadel Muhammad (Kelompok DPD).

Ragab membahas agenda penyampaian calon pimpinan MPR RI dan mekanisme pemilihan Ketua MPR. “Dari rapat gabungan ini, pendeknya mekanisme pemilihan ketua MPR dilakukan secara musyawarah mufakat. Fraksi-fraksi dan kelompok DPD masing-masing sudah menyampaikan calon Pimpinan MPR. Nanti hasil dari nama-nama Pimpinan MPR itu dimusyawarahkan untuk memilih siapa yang menjadi ketua,” kata Abdul Wahab Dalimunthe usai rapat gabungan.

Abdul Wahab menggambarkan suasana Ragab berjalan dengan sejuk. “Tidak ada-apa. Tidak ada bertengkar-bertengkar. Tapi, tampaknya semua (fraksi dan kelompok DPD) ingin pemilihan ketua berlangsung dengan musyawarah mufakat. Kalau tidak terjadi musyawarah mufakat maka diadakan pemilihan dengan voting,” ujarnya.

Untuk itu, kata Abdul Wahab, setelah Ragab ini fraksi-fraksi dan kelompok DPD akan mengadakan musyawarah mufakat untuk menentukan ketua MPR. Musyawarah di antara pimpinan fraksi dan kelompok DPD ini berlangsung hingga sore hari sebelum Rapat Paripurna MPR yang diagendakan pada pukul 19.00 WIB. Agenda Rapat Paripurna MPR adalah pemilihan ketua MPR sekaligus pelantikan pimpinan MPR periode 2019 – 2024.

“Hasil musyawarah fraksi dan kelompok DPD ini akan dibawa dalam Sidang Paripurna nanti malam. Siang sampai sore ini dilakukan musyawarah. Hasilnya dibawa ke Sidang Paripurna nanti dengan agenda pemilihan ketua MPR sekaligus pelantikan,” jelasnya.

Hadir dalam Ragab Pimpinan Sementara MPR dengan perwakilan fraksi dan kelompok DPD di antaranya Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Zainuddin Amali (Partai Golkar), Ahmad Riza Patria (Partai Gerindra), Benny K Harman (Partai Demokrat), Jhonny G Plate (Partai Nasdem), Jazilul Fawaid (PKB), Tiffatul Sembiring (PKS), Alimin Abdullah (PAN), Syaifullah Tamliha (PPP), Instiawati Ayus (Kelompok DPD).


Baca Juga

Kontak